ABSTRAK
Perkuliahan dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì merupakan salah satu bentuk kuliah interaktif. Metode ini dapat membantu mahasiswa untuk menyesuaikan eventevent di luar dengan proses memori internal.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perbedaan keefektifan perkuliahan yang menggunakan prinsip-prinsip Gagneì dan perkuliahan model tradisional terhadap motivasi dan hasil belajar
mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Data berupa hasil belajar diukur dengan tes pilihan ganda; sedangkan motivasi mahasiswa diukur dengan Motivated Stategies for Learning Questionnaire (MSLQ).
Subyek penelitian adalah semua mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta semester lima. Subyek dirandom menjadi dua kelompok: kelompok kuliah tradisional dan kelompok kuliah dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì. Data dianalisis dengan Pairedsamples T-tes dan Independent-samples T-test.
Hasil penelitian menunujukkan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan signifikan pada pengetahuan mahasiswa pada kedua kelompok; (2) Tidak terdapat perbedaan bermakna pada hasil belajar mahasiswa antara kelompok kuliah dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì dengan kelompok kuliah tradisional; (3) Terdapat perbedaan motivasi antara kelompok kuliah dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì dengan kelompok kuliah tradisional. Motivasi mahasiswa pada kelompok kuliah dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì lebih baik dari kelompok kuliah tradisional, walaupun perbedaannya tidak bermakna.
Kata Kunci: efektivitas perkuliahan, prinsip Gagne, tradisional, keuntungan belajar, motivasi siswa
Link : https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/2004/8.%20BURHANUDDIN.pdf?sequence=1